7 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Laptop mungkin bisa di katakan sebagai barang yang mahal dan juga mewah, di katakan begitu mungkin karna laptop adalah perubahan sebuah komputer yang di buat modern , minimalist dan juga flexibel,.
namun di jaman sekarang pengguna laptop mungkin udah banyak dan tak di katakan mahal lagi, apalagi untuk anak sekolah / kuliahan mungkin rata kebanyakan pada memiliki barang ini untuk kebutuhan belajar.

Mungkin untuk artikel yang saya bahas ini bisa di katakan mencegah dari pada mengobati, kenapa begitu karna mungkin kita memiliki barang harus juga merawatnya dengan baik, untuk itu mencegah hal yang tak kita inginkan seperti ada kerusakan pada laptop kita, cara yang baik adalah merawat laptop kita sendiri, laptop saat ada kerusakan mungkin  biayanya agak mahal di banding komputer, laptop yang mungkin barang yang mini termasuk komponen2 di dalamnya, jadi agak susah untuk memperbaiki, nah karna itulah biaya perbaikan laptop agak mahal di banding komputer, di bawah ini ada beberapa tips untuk merawat laptop yang mungkin bisa bermanfaat.

Tips merawat laptop dan notebook
Baca Juga :

9 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
11 Tips Memilih dan Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Membersihkan “Keyboard”

  • Keyboar laptop gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran.

Mengelap Layar

  • Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

Hindari Panas Matahari

  • Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
Baca Juga :

5 Tips Cara Merawat Layar LCD Laptop dan Notebook
5 Tips Merawat Touchpad Laptop dan Notebook

Menghindari Goresan
  • Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas kibor sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
Case Cemerlang
  • Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
Menyimpan notebook
  • Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Hindari Medan Magnet

  • Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, spiker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari notebook.

Semoga bermanfaat.
Bagi sobat yang mau bertanya atau diskusi seputar topik ini silahkan bisa gabung di Forum
Previous
« Prev Post

Related Posts

Posting Komentar